Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam Secara Alami

Pernahkah Anda mengalami lingkaran hitam berada di sekitar mata? Itu adalah kantung mata. Banyak orang beranggapan bahwa kantung mata disebakan karena faktor usia yang semakin bertambah. Kantung mata membuat kita merasa tidak nyaman dan merusak penampilan sehingga rasa percaya diri bisa hilang.

Kantung mata tidak hanya membuat kulit bagian bawah mata menebal, tetapi area bawah mata akan menjadi berwarna kehitaman. Apa penyebab timbulnya kantung mata? Ada beberapa jawaban diantaranya adalah.

  • Karena alergi, flu atau infeksi yang mengumpul di bawah mata
  • Disebabkan adanya pigmen alami yang terjadi pada orang-orang keturunan Asia dan Afrika
  • Faktor usia

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam? Ada tips alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ini seperti dikutip dari laman meetdoctor.com, sebagai berikut :

1.Minyak almond
Minyak almond adalah bahan alami yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit di sekitar mata. Penggunaan minyak almond secara rutin dapat membantu memudarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Cara menggunakanya mudah, yaitu sebelum tidur oleskan sedikit almond oil di daerah lingkaran hitam, kemudian pijat dengan lembut. Diamkan selama semalam dan bilas dengan air dingin keesokan hari saat Anda bangun tidur.

2.Batasi garam
Mengonsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan pengumpulan cairan dalam tubuh. Sifat alamiah garam dapat menarik cairan yang menyebabkan terjadinya perpindahan cairan dalam jaringan tubuh. Hal tersebut dapat terlihat jelas pada bagian tubuh yang memiliki susunan jaringan yang longgar seperti area sekitar mata.

3.Kompres dengan air dingin
Basahi kain lap bersih dengan air dingin. Lalu, kompres kain lap tersebut di kulit bawah dan sekitar mata selama beberapa menit dengan melakukan sedikit tekanan.

4.Ketimun
Ketimun dapat membantu memutihkan kulit karena memiliki zat ringan yang dapat memperbaiki lingkaran hitam secara alami. Tak hanya itu, ketimun juga dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan mata. Caranya, potong ketimun dengan irisan yang tebal dan dinginkan dalam lemari es selama 30 menit. Letakkan irisan ketimun tersebut di atas mata dan diamkan selama 10 menit. Cuci dengan air dan ulangi dua kali dalam sehari selama satu minggu atau lebih.

5.Hindari kebiasaan merokok dan alkohol
Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih dapat mengurangi kelembapan kulit. Hal tersebut dapat membuat terbentuknya kantung mata. Jagalah kelembapan kulit Anda dengan mulai membatasi alkohol dan kebiasaan merokok. Tak hanya itu, konsumsilah lebih banyak air putih dan olekskan pelembap kulit di daerah sekitar mata sebelum tidur

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown